Definisi Tumor Otak

kanker-otakTumor otak adalah proliferasi dan pertumbuhan tak terkendali sel-sel di dalam dan di sekitar jaringan otak. Tumor otak mencakup sekitar 7-9% dari semua jenis kanker dan dapat terjadi pada semua usia. Pria lebih banyak terkena penyakit ini daripada wanita. Tumor otak dapat jinak atau ganas, primer atau sekunder.

Tumor Jinak vs Tumor Ganas

WHO (World Health Organization) membedakan tumor otak antara jinak dan ganas dalam empat grade (tingkat).

Grade 1-2 adalah tumor jinak yang tumbuh lambat, terlokalisasi, dan berprognosis menguntungkan dan

Grade 3-4 adalah tumor ganas yang berkembang pesat, menginvasi jaringan/struktur sekitar, dan berprognosis buruk. Penggolongan ini berperan penting dalam rencana perawatan yang dilakukan.

Tumor Primer vs Tumor Sekunder

Tumor otak primer berasal dari dalam otak, sedangkan tumor sekunder adalah hasil penyebaran (metastasis) kanker di bagian lain tubuh, misalnya kanker payudara, kanker paru dan melanoma. Sekitar 20%-40% tumor otak berasal dari tempat lain dalam tubuh.

Jenis-jenis Tumor Otak :

Tumor otak dinamai menurut jaringan otak yang terkena, antara lain :

  • Glioma : Pada sel-sel glia atau neuroglia tisu yang mengelilingi dan mendukung neuron atau sel-sel saraf otak Glioma adalah yang paling umum meliputi 50% tumor otak primer.
  • Astrocytoma : Pada sel-sel neuroglia astrosit yang berbentuk bintang.
  • Ependymoma : Pada ependyma atau membran epitel yang melapisi ventrikel otak dan kanal tulang belakang.
  • Glioma Batang Otak : Pada bagian otak yang berisi medula oblongata, pons varolii, dan otak tengah, bagian otak yang menghubungkan sumsum tulang belakang ke otak.
  • Medulloblastoma : Pada otak kecil dan menyebar dengan cepat ke jaringan sekitarnya terutama di cairan serebrospinal dan batang otak. Meduloblastoma adalah tumor ganas yang paling sering terjadi pada anak.
  • Meningioma : Pada meninges atau membran otak dan sumsum tulang belakang. Meningioma biasanya jinak, tumbuh lambat sehingga sering terlambat terdeteksi.
  • Neurinoma : Biasanya terjadi pada fosa posterior. Saraf kranial kedelapan, yang menyampaikan indera pendengaran dan keseimbangan paling sering terpengaruh. Neurinoma tidak membentuk metastasis.
  • Limfoma : Pada limfosit (sel yang bertanggung jawab untuk pertahanan  tubuh). Ini adalah tumor ganas, yang berasal dari jaringan Iimfoid. Tumor ini sering terjadi pada pasien dengan AIDS dan pasien imunosupresi.
  • Adenoma hipofisis : Pada kelenjar hipofisis dan dasar otak. Ini adalah jenis tumor otak yang jinak.

Tumor Otak Pada AnakFoto250

Tumor otak mencakup sekitar 20% dari seluruh kanker anak, dan memengaruhi 3 dari setiap 100.000 anak-anak. Kejadian tumor tertinggi sebelum usia 12 tahun. Bentuk paling umum tumor otak pada anak-anak adalah astrocytoma, Medulloblastoma, Ependymoma, dan Glioma Batang Otak.

Tumor Otak Jenis Glioma

Menurut 84 pakar peneliti tumor otak WHO (World Health Organization) jenis tumor otak Glioma, Kebanyakan jenis ini yang sering dijumpai.

Untitled1

Lokasi tumor otak

Karena fungsi-fungsi dari bagian-bagian berbeda dari otak, lokasi tumor dapat ditentukan, pada bagiannya, dengan mengidentifikasi fungsi yang dipengaruhi oleh adanya tumor.

  1. Tumor korteks motorik : Kejang yang terletak pada satu sisi tubuh (kejang Jacksonian).
  2. Tumor lobus Oksipital : Gangguan visual, hilangnya penglihatan pada setengah lapang pandang pada sisi yang yang berlawanan dari tumor (hemianopsia homonimus kontralateral) dan halusi penglihatan.
  3. Tumor serebelum : Menyebabkan sakit kepala, pusing tujuh keliling, ataksia dengan kecenderungan jatuh kesisi yang lesi, otot-tidak terkoordinasi dan nistagmus biasanya menunjukkan gerakan horizontal.
  4. Tumor lobus frontal : Menyebabkan gangguan kepribadian, perubahan status emosional dan tingkah laku dan disintegrasi perilaku mental. Pasien menjadi ekstrem, tidak teratur, kurang merawat diri dan menggunakan bahasa cabul.
  5. Tumor sudut serebroplantin : Diawali dengan tinnitus dan vertigo dan diikuti dengan kerusakan fungsi pendengaran, kemudian muncul kesemutan dan gatal-gatal pada wajah dan lidah, selanjutnya terjadi kelemahan atau paralisis dan akhirnya terjadi abnormalitas pada fungsi motorik.

Beberapa tumor tidak selalu mudah ditemukan lokasinya karena tumor tersebut berada pada daerah tersembunyi (silent areas) dari otak.

Lokasi Tumor otak
Untitled2

Lokasi Tumor otak :

  • Berpengaruh pada fungsi saraf ke organ tubuh terganggu.
  • Akibat tumor otak pembuluh darah dan pasokan darah ke otak terganggu.Karena jaringan saraf dan pembuluh darah di otak terjepit/terhimpit oleh massa tumor. Solusi terapi herbal super program VIP paling aman selama ini untuk penyembuhan tumor otak tanpa operasi. Jaringan saraf dan pembuluh darah yang terganggu akan kembali normal tidak terhimpit lagi seiring dengan makin berkurang bahkan habis massa tumornya.

Isi intra kranial (rongga tengkorak) :kanker otak

1.    Otak    1400 cc    (80%)
2.    Darah    150 cc    (10%)
3.    Cairan otak    150 cc    (10%)

Aliran Darah Otak (ADO) :

•    Otak memerlukan aliran darah secara terus menerus.
•    suplai darah dari 2 pasang pembuluh darah.
•    20% dari seluruh curah jantung dialirkan ke otak yang beratnya 2% dari berat tubuh.
•    Otak tidak mempunyai simpanan enersi.
•    Metabolisme glukosa hasilkan ATP untuk kegiatan sel.
•    Aliran darah yang berkurang hingga 50% masih memungkinkan otak untuk sementara beradaptasi.
•    Bila kejadian tersebut berlangsung lebih lama akan terjadi kematian sel.
•    Kondisi normal dan dalam keadaa¬n istirahat Aliran Darah Otak pada orang dewasa sekitar 50-60 cc/100 gram otak/menit.
•    Batas ambang kematian sel saraf : 15 cc/100g/menit.
•    Suplai oksigen terputus 10 detik: terjadi gangguan fungsi otak.
•    Suplai oksigen terputus 6-8 menit : kerusakan menetap

Rangkaian proses akibat Pembuluh darah otak terhimpit / terjepit oleh masa tumor

Aliran darah ke otak tersumbat, karena terhimpit / terjepit
oleh massa tumor
panah ke bawahaliran darah terhenti atau terganggu
panah ke bawahoksigen dan glukosa tak sampai ke sel saraf otak
panah ke bawahproses metabolisme  sel tak terjadi
panah ke bawahproduksi ATP tak mencukupi
panah ke bawahsampah (CO2 dan asam laktat) tak bisa dibuang
elektrolit (Ca, Na) dan glutamat masuk ke dalam sel,
cairan dalam sel saraf menumpuk
panah ke bawahsel saraf otak menjadi rusak atau mati sel saraf otak
panah ke bawahakibatnya gangguan : kelemahan (kelumpuhan) pada kaki,
tangan. gangguan : mata, telinga, daya pikir, daya ingat dan organ lainnya

Saran Konsultan :

  1. Jika sudah diketahui terdapat tumor otak sekecil apapun (mm, cm) segera hentikan pertumbuhan tumor tersebut, jangan sampai menghimpit/menjepit pembuluh darah yang mengakibatkan gangguan sel atau kematian sel lainnya.
  2. Segera lakukan terapi yang bisa dipercaya, sudah terbukti mengatasi tumor otak, agar tidak membuang-buang waktu, tidak salah, dan tidak memberi peluang membesarnya tumor otak tersebut (jadilah anggota keluarganya yang bijak untuk memilih terapi yang tepat dan berpengalaman terapi tumor otak).
  3. Griya Herbal Taman Asri Sragen mempunyai spesifikasi/kekhususan mengatasi/terapi tumor otak dan mengatasi gejala atau keluhan akibat dari massa tumor otak, sehingga keluhan-keluhan segera teratasi.

Gejala Tumor Otak

Definisi_Tumor_otak_pada_anak_waspadailah200Tumor otak menyebabkan kerusakan sistem saraf pusat karena menyerang dan menghancurkan jaringan otak lainnya. Massa fisik tumor juga dapat menyebabkan efek sekunder, seperti:

  • Kompresi otak, saraf tengkorak dan pembuluh darah.
  • Cerebral edema atau pembengkakan akibat akumulasi cairan.
  • Peningkatan tekanan intrakranial (ICP)

Gejala tepatnya tergantung pada jenis, ukuran dan lokasi tumor, serta luasnya invasi. Tumor otak seringkali tetap tersembunyi untuk waktu yang lama karena hanya menyebabkan ketidaknyamanan kecil di awal. Tumor biasanya didiagnosis terlambat, karena gejalanya tidak spesifik dan ambigu, seperti gejala pertama dan paling umum yaitu sakit kepala.

Gejala khas yang mungkin mengindikasikan tumor otak adalah:

  • Sakit kepala, terutama pada malam dan pagi hari. Sakit kepala yang disebabkan tumor otak semakin parah dalam beberapa hari ke minggu dan obat analgesik biasa tidak mengurangi sakitnya.
  • Vertigo dan penglihatan kabur.
  • Mual dan muntah, biasanya di pagi hari. Ini sering menandakan tekanan intrakranial yang meningkat.
  • Kejang, kedutan pada anggota badan atau satu sisi tubuh
  • Masalah neurologis, kelumpuhan
  • Gangguan koordinasi, limbung dan pelupa
  • Perubahan kepribadian
  • Bengkak mata sebelah atau keduanya, akibat tekanan massa tumor.